Welcome blog Mba Nana

Diario Area | Diario Travel | Diario Outfit | Diario Love | Diario Diario

Sabtu, 16 Maret 2019

Bekerja atau ingin bercerita?

Hai guys. Sedikit cerita dan bila berkenan gue pingin utarain kenangan yang pernah gue alami dan itu benar-benar jadi satu kepaduan cerita di hidup ibarat the best memorable lah ya huahaha. Gue mulai...

Kalau kalian tahu jalan cerita disini, berarti kalian pernah jadi teman gue yang turut ikut menjadi satu cerita dari pengalaman hidup masa bekerja. Well, seperti yang kalian pernah baca kalau gue abis lulus dari jenjang perkuliahan tahun lalu tepat di bulan Juni akhir. Masalah setelah lulus berlanjut untuk, "Abis ini gue mau ngapain?" dan akhirnya gue dapet pekerjaan yang menurut gue sendiri ini pekerjaan absurd banget. Enggak seperti yang orang-orang bayangkan (termasuk gue). Bayangan seperti prosedur sudah tertata jelas, karyawan sudah banyak, hanya kerja sebatasnya bekerja. Tapi enggak dengan disini. Semuanya amat diluar pikiran. 

Bulan november akhir di hari sabtu, gue diajak bokap untuk nemenin doi sebagai translator karena hari itu doi bakal di wawancara sama bos dari Hong kong. Doi berharap kalau misalkan doi enggak lolos keterima, gue yang bisa diterima Ehem udah kayak lamaran pinang bakal. Civi lengkap gue bawa dalam bentuk bahasa inggris, dan sampai disana kita nunggu agak sedikit lama sampai akhirnya mereka turun dari tempat penginapan, datangi gue dan bokap

"Hey, Andre..?" Doi memanggil bokap, gue pun diperkenalkan 
"Nana" Senyum gue mengembang, gue tegang spot jantung karena ini kedua kalinya gue ngobrol langsung sama turis. Untuk yang pertama saat kursus di EF, guru nya turis juga. Karena si bos enggak begitu ganteng, spot jantung gue enggak begitu meletup-letup, masih terjaga iramanya. Kita diajak untuk makan siang bareng menuju restoran yang banyak daging nya. Mata gue membelalak bengkak, si bos memesan makanan enggak di kontrol, pesan sebanyak-banyaknya sampe udah kenyang pun masih disuruh nambah. Kayaknya turis asing doyan makan ya, begitu isi benak gue kala itu.

Keesokannya gue dikabari kalau gue lolos kerja di perusahaan orang Hong kong ini dan bisa mulai kerja di tanggal 3 oktober. Pada hari pertama kerja, gue enggak diperkenalkan ke karyawan mereka, ke kantor pun juga enggak. Lantas bingung dong? Gue mulai dibuatkan email perusahaan dan tertera ada banyak nama disana, tapi dimana orang-orangnya? Oh ya karena kantor enggak ada, gue pun kemana-mana selalu bersama mereka, 2 bos hongkong itu. Karena ini perusahaan retail atau penjualan, kita bareng-bareng cari barang, dijual lagi, dan begitu seterusnya tanpa perlu mikirin tempat atau kantor perusahaan untuk sementara waktu. 

Gue bekerja sendiri, bos memerintah untuk gue mendapat banyak karyawan makanya kenapa akhir-akhir kemarin gue sering untuk pos info kerja. Satu minggu kemudian udah ada 3 orang baru yang masuk, di minggu berikutnya nambah lagi dan begitu seterusnya sampai akhirnya gue punya teman sesama Human Resourch. Awalnya emang semua sistem masih enggak jelas. Apalagi karena bos adalah turis asing, kebanyakan dari kita lebih sering salah faham sama yang doi maksud. Kalo udah salah faham udah ribet kasusnya kemana-mana.

Sekitaran di bulan kedua untuk pertama kalinya gue dan tim disuruh ke daerah karawang tujuannya ngajak kerjasama dengan salah satu perusahaan disana. Ih ini bener-bener amazing momment banget buat gue seorang! Ditugaskan keluar untuk jalin kerjasama. Dari sini gue pun dapet wawasan dan pelajaran baru. Emang ya, perusahaan baru buka selain dari ngasih banyak kebingungan juga ngasih tambahan pelajaran dan wawasan yang bisa dipetik. Brilliant sekali rasanya.




Bulan ke bulan terus berlanjut, step by step yang gue lakuin ialah berasal dari pengalaman dan pemikiran sendiri beserta bantuan mbah google. Seperti cara wawancara karyawan baru, cara berfikir dalam periklanan, dan sikap tentunya, begitu pun juga dengan teman-teman lainnya. Semua bekerja sesuai dengan pemikiran kita masing-masing yang mencoba serba tahu ngelakuin kebenaran dalam bekerja di perusahaan star up. Ceilah kebenaran. 

Makin lama akhirnya perusahaan ini bisa buka cabang toko di salah satu mall, itu adalah sesuatu yang enggak gue sangka! Bagaimana mungkin dalam empat bulan kedepan akhirnya perusahaan ini bisa punya banyak karyawan (ini sih gue yang nemuin hahahaha mon maap gue sombong), bisa punya tagline (kinerja semua karyawan), bisa punya relasi sama beberapa perusahaan lain, terlebih bisa buka store di salah satu mall. Ini yang paling gue banggakan, sebangga gue bisa lahir di tanah air. Ceilah gitu.



Beberapa sales boy dan sales girl yang sedia ditempatin di store-store mall. Padahal di bulan pertama gue kerja disana, rencana bos adalah kita semua sebagai karyawan akan ditempatkan di store-store mall sebagai sales dan gak ada karyawan yang mengatur sebagai tim manajemen. Ini rencana awalnya tapi akhirnya berubah seiring negara api menyerang. 


Kita udah mulai ada toko di salah satu mall. Karena enggak mau ketinggalan eksis, gue pun ikut campur untuk foto bareng kawanan ganteng-ganteng serigala. Gue yang awalnya cuma sendirian akhirnya bisa sampai di tahap ini dimana perusahaan udah sedikit bisa merangkak, suatu kebanggaan aja gitu karena artinya gue bisa bantu perusahaan ini untuk merangkak dikit demi sedikit huehehe. 

Flashback sebentar. Di hari kedua gue bekerja disini, rasa ingin minggat atau kabur lari pun terbesit ada karena memang awalnya terbentuk perusahaan ini dengan enggak adanya kejelasan yang pasti buat gue sebagai karyawan. Tapi karena kata-kata bokap yang bilang begini, "kalau kamu keluar, ya sudah selesai. Kamu gak akan tahu apa-apa" Disini lah hati gue tergoyah untuk mencari tahu sesuatu. Apa benar ini perusahaan atau bagaimana? Selain itu, rasa kasihan gue ke 2 orang bos hong kong ini pun juga ada, gue kasihan sama mereka karena udah tinggal satu bulan lamanya di Indonesia dan masih belum nemuin 1 karyawan yang setia.

Bos kedua gue curhat kalau dia punya anak di China. Gue ngerasa dia jauh-jauh ke indonesia untuk bekerja mencari uang untuk keluarganya di china sana. Kalau gue keluar, pasti mereka akan berdua lagi dan mencari karyawan lagi. Begitu seterusnya. Karena perihal ini pun bikin hati nurani gue tergerak untuk bantu mereka. 

Dan ternyata dari perjalanan beberapa bulan ini sangat memberi gue pelajaran terbaru. Perusahaan star up disini memang amat meragukan bagi gue tapi mungkin karena namanya adalah star up, ya seperti inilah ala kadarnya. Selain dari ucapan bokap yang menjadi alasan kenapa gue masih bertahan, selain juga daripada uang, dan selain juga karena kedua bos, yakni gue juga pingin ngerasain adanya perang dingin sesama teman kantor. Dan itu benar kejadian di bulan-bulan kelima huahaha.

Ternyata rasanya konflik batin sesama teman kerja tuh begini, amat seru dan kesal. Untung hal tersebut juga jadi tujuan gue kerja disini, ya gue amat mensyukuri itu semua sampai akhirnya pun gue kena senggol no bacok huahaha, hal ini tentu udah biasa dialami sama kalian yang pengalaman kerjanya udah setinggi kebon duren. Ternyata rasanya begini ya... semenusuk ini huehehe. 

Drama-drama di lingkup kerja bener-bener bikin gue jadi makin sadar letak kekurangan gue dan lainnya. Perusahaan ini bener-bener ngasih banyak pelajaran buat gue. Baik kenangan baiknya maupun pahitnya. Sungguh, saat jelang pisah untuk pamitan dengan teman-teman semua, disitu rasanya gue pingin nangis. Nangis bahagia karena akhirnya bisa lepas dari perusahaan itu. Dimana gue memang bekerja make hati, dan semua yang gue kerjakan memang dasarnya dari hati dan harus berakhir pula dengan hati bahkan sayangnya segala jenis yang tidak baik pun juga menggunakan hati.

Awal gue kerja disana bos gue bilang begini, "I need people who have a big heart". Dia butuh orang yang punya hati besar, rela menerima apapun. Maka dari itu, gue pun bisa menerima dan melepas yang terjadi dengan hati besar atau berlapang dada karena memang sejatinya manusia harus seperti itu bukan? 



Penampakan terakhir sebelum gue cabut. Hello and good bye!

10 komentar:

  1. Oh, jadi ini alasan kenapa berasa becermin soal pengangguran di twit itu. Karena habis resign. Jelas beda konteks dengan apa yang saya maksud.

    Itu maksudmu "start up" kali, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha ah yoga jadi malooo -_- Iya maksudnya beda, tapi ada sedikit kemiripan dengan kata 'pengangguran' hahaha.

      Iya company start up. Masih cilik

      Hapus
  2. Hmm.. Selamat ya.. Berkat kerja kerasnya bisa membantu sebuah usaha yang akhirnya sekarang punya store store di mall. Keren!

    Semangat selalu! 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dibantu berkat bantuan teman-teman semua juga. Makasih ya mba Arum! :D

      Hapus
  3. Goks! Ini nih salah satu pembuat pondasi sebuah start up, eh tapi sayang udah resign ya, coba mba nana lebih jahat sedikit :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhuuu hahaha lebih di resign in mas. Duhhh pinginnya bisa sedikit jahat, tapi apa lah jadinya :(

      Hapus
  4. Nanaaaa you rock! Good job girl heheh kok aku seru dan kagum bacanya jadi ikutan bangga heheh sekarang bikin start up apa nih? Join dong hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahh love you dehhh mba sandra!! Baru mau dibuka nih start up Diario mba Nana, boleh join nanti yaa kalo udah open recruitment XD

      Hapus
  5. Keren nih, tujuannya malah pengen cari suasana perang dingin hehhee.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya maklum mas masih otak baru lulus pas itu masih belom punya tujuan money money wkwkwk

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
Fransisca Williana Nana
Lihat profil lengkapku

Followers

total human

Popular Posts