Welcome blog Mba Nana

Diario Area | Diario Travel | Diario Outfit | Diario Love | Diario Diario

Minggu, 12 Juni 2016

Tugas ini membunuh ku. (Kampung budaya Sindang Barang)

*Gaya palak lagi di bebek sama tugas. Enakan juga di bebek make rujak. Jiah*

Demi apapun di awal gue masuk kuliah pada awal-awal tahun ini, gue ngerasa ada sesuatu yang gak enak. Jiwa raga gue mulai ngerasain yang namanya MeKo alias Merinding Disko. Gue mulai merasakan sesuatu yang sepertinya bakal mengganggu keseharian gue yang sukanya berleha-leha.

Setelah sekitar dua minggu gue masuk kuliah di tahun ini, ternyata dugaan gue benar, gue di jatohin hukuman mati tugas yang sampe sekarang pun kagak ada kelarnya tuh tugas. Mattee aja mattteee yuk daaaahhh! 

Dari sekitaran bulan februari sampai sekarang tugas juga gak matinya loh. Alias belom kelar juga. Tugasnya beranak cucu men. Kelar tugas pertama eh dateng lagi selanjutnya, terus dateng lagi yang baru, lalu dateng lagi tugas barunya dan gak pernah kelar. Gue heran, dosen juga gak pernah bosen buat ngasih mahasiswanya tugas yang gak ada kelarnya. Gitu aja yeee bu terusss sampe monas pindah ke matahari terus aja kasih kita kita tugas. Kelar nih idup.

***

Udah ah stop kesel-keselnya. Dosa. 
Lagi lagi gue membeberkan intro yang benar benar tidak akurat. Sangat jelek sekali. Oke kalau gitu kita lanjut...


Indahnya selfie saat berada di tempat yang gak biasanya di kunjungin.

Jadi sekitar 2 minggu yang lalu, gue sama kelompok gue yang cuma berempat aja, kita dikasih tugas untuk meneliti suatu budaya dari suatu tempat. Tempatnya boleh apa aja semisal terminal, pasar, perkampungan, daerah, atau apapun itu. Mau jauh apa deket juga bebas yang penting tujuannya meneliti budayanya.

Gue sama kelompok sepakat buat neliti tentang kampung budaya sunda yang tempatnya di Bogor. Gak jauh dan gak deket juga sih. Tapi lumayan terasa pegel kalo bawa motor. Perjalanan gue kesana sekitar 2 jam menggunakan map google. Kalian tau kenapa gue make map google? Ya karena tanpa blogger, google gak berarti apa-apa men (Quote by  Mas Geraldi). Lahhh jadi nyelewang haha. Maksud gue, karena tanpa map google, gue gak akan bisa sampe ke kampung sunda gengs. hehe. Terima kasih google map :D



Beginilah wanita. Baru sampe beloman nafas dulu udah pada langsung ngacir minta difoto. Ya maklum namanya juga wanita masa kini. 

Saat gue sampai di kampung sunda ini, tempatnya sepi banget macam gak ada penunggunya. Tapi untung aja ada rumah warga disekitaran sana yang emang kerjanya sebagai penjaga kampung sunda ini.

Nah dalam proses tugas ini, gue bener bener dibikin cape gengs. Walopun kadang gue ngerasa seneng bisa jalan jalan jauh, take video dan sok sok an jadi mc dalam liputan, terus juga lanjut edit video bareng sekelompok, tapi gue kadang juga merasa lelah. 

Lelah karena ngerjain tugas ini tuh enggak cuman make otak atau senyum dan tawa, tapi juga butuh tenaga serta stamina yang lebih. Stamina yang lebih itu engga asal didapat begitu aja, kadang butuh mood yang ekstra supaya dalam proses pengerjaannya menimbulkan hasil yang maksimal. Dan gue harus memasang mood sebagus mungkin supaya hasil tugasnya sempurna. Aduh aduhhhh

Dan akhirnya pun tugas video bisa selesai juga. Walaupun jauh dari sempurna, tapi yang penting SELESAI. hehehe




For your information nih kalau mau kunjungan atau meneliti ke kampung sunda, musti bawa surat dari universitas atau surat lah ya sebagai suatu ijin untuk meneliti kampung sunda ini. Kemarin waktu gue kesana gue gak bawa surat ijin atau apapun dalam bentuk permintaan ijin gitu. Karena gak ada surat, akhirnya kita dikenakan biaya 15 ribu per orang. Kan lumayan tuh. Makanya kalau mau meneliti kesini, jangan lupa bawa surat ya.

***

Sebenarnya ini tugas belum kelar disini aja, belum kelar setelah video selesai, masih ada tugas selanjutnya yang masih nanggung belom gue kelarin. Yaitu bikin makalah tentang penelitian budaya ke kampung sunda ini.

Bener kan apa yang gue bilang tadi? Sekalinya kelar, pasti ada lagi lanjutannya. Gitu aja terus sampe monas pindah ke matahari *gak lucu*. 

Bener-bener gue lelah sama tugas ya ampuuuuuunnn. Kalo gak bikin makalah ya pasti bikin karya tulis yang ujung-ujungnya di print lalu di jilid. Gak ada model tugas lain apa? Ngetik di batu terus di lukis make sapu ijuk gitu semisal. Haduuuhh, pokoknya gue harus semangat karena tugas ini demi nilai uas di semester 4. Semangat mba nana hohoho


Kesan gue dalam tugas ini bener-bener gue ngerasa ini tugas tuh unik banget. Untuk pertama kalinya gue ngerjain tugas yang kayak begini. Entah bisa dibilang ini adalah jalan jalan atau main main ke pedalaman, atau juga lagi ngejar deadline.

Untuk rekan-rekan yang sekelompok bareng, walaupun gue ngerasa lagi dibunuh beban berat sama tugas, tapi gue ngerasa seneng banget karena bisa setimpal musibah bersama kalian itu adalah suatu anugerah terindah yang pernah gue rasakan. Dalam foto dibawah ini adalah rekan rekan yang sekelompok dengan gue (Wahyu, Sandra, Afi) bersama Pak Ukad, orang yang tau akan seluk beluk budaya Sunda.

Rekan rekan lain yang ikut bantu bantu tapi gak ada di foto dibawah ini, tapi kalo sekiranya kalian baca postingan ini, gue amat senang dan berterima kasih sekali karena dengan rela kalian bertiga (Freddy, Fajri, Aulia) mau nyediain setengah harinya untuk pergi ke kampung sunda bareng kita manusia manusia yang tertimpa musibah tugas ini. Manusia manusia yang hampir mati karena tugas. Manusia manusia yang lagi di bunuh sama tugas. Pokoknya mereka bertiga adalah rekan-rekan yang menemani. Sangat baik hatinya. Saya jadi tersanjung. Semoga Semesta membalas kebaikan mereka :)


Matursuwun. Terima kasih yo!

Dan kini video tugas gue juga udah jadi dan kini tayang di channel youtube kesayangan anda. Mari bisa di saksikan dan kalian bisa lihat betapa banyak tawa dan senyum yang kita uraikan. Karena hidup tak hanya butuh makan, tapi juga butuh bahagia contohnya dengan mengurai tawa dan senyum. Aseeeekkk


31 komentar:

  1. lumayan nih tugas sambil jalan-jalan..ibarat pepatah, tiada gading yang tak retak (nggak nyambung)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa hubungannya sama kata-kata pepatah itu anjay -__-

      Hapus
    2. Buakakaka fix makin ngacoooo :"

      Hapus
  2. Mungkin seharusnya "Tanpa Google Map Google gak berarti apa-apa" :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanpa blogger Google juga gak berarti apa-apa :D

      Hapus
  3. Seperti jargon para aktivis kampus saya kepada dosen: "Kami MAHASISWA, bukan Terminator 3." hehe semangat terus kuliahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kita mahasiswa kadang diperlakukan alakadarnya Terminator ya hahaha. Makasih mas son agia :D

      Hapus
  4. Enak juga kalo dapet tugas yang suruh neliti langsung ke tempatnya. Bisa sekalian jalan-jalan. Walaupun kalo nginget-nginget 'ini buat tugas' jadi nggak enak sih jalan-jalannya.

    Tugas kuliah emang gitu. Makin banyak semesternya makin banyak tugasnya. Kadang tertekan juga si dengan banyaknya tugas. Tapi tetep semangat aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul kadang tertekan sendiri, tapi kalo di nikmatin ya enak enak sajaaa :D
      Hem iyaa, makin naik level makin berat. Makasih mas adi :D

      Hapus
  5. Traveling sambil nugas nih na ceritanya. Oke, thanks buat berbagi ceritanya, especially for sunda village itself.

    Btw udah keluar nilai tugasnya belom? Hayoo dapet berapa? Hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yappp betul banget hehe sama-sama. Dengan senang hati berbagi.
      Yah belum tau hasilnya tapi dapet komentar dari dosen katanya "videonya bagus, tapi kebanyakan narsisnya" hahaha :D

      Hapus
  6. Lucuuu banget tempatnya.
    Desa itu sengaja dijadikan tempat wisata gitu gak si? apa emang lucu dari sononya?
    btw, salam kenal mbak. :D adibah dari planet Namek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk iya itu tempat wisata mba makanya unik gitu bangunannya.
      Wah salam kenal juga mba, senang deh didatangin tamu dari planet Namek. Meluncur ke planet namek ahhhh

      Hapus
  7. Kalau cuma sekedar jalan-jalan dan foto tetep harus bayar 15ribu juga?

    Ngerjain tugas sambil jalan-jalan enak banget!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya engga. Kecuali kalau mau meneliti dan tanpa surat baru dikenakan biaya 15 ribu :)

      Hapus
  8. Terimakasih kembali ya udh ngajak gw na :D Senang juga bisa nemenin kalian semua ngerjain tugas sekagus jalan2, dan ngilangin kegabutan gw stiap hari lubur waktu itu haha, Semangaat buat semua tugasnyaa XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha akhirnyaaaa. Makasih udah mau mampir kesini mas fred XD

      Hapus
    2. Wadaw jadi si Freddy anak pak Rudi yg sudah membantu jasa lu, ya? XD

      Hapus
  9. Tugas yang langsung kr tempat permasalahannya, memang seru. Sekaliam refresh jadinya. Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sambil liburan hehe btw typonya parah tuh wkwk

      Hapus
  10. Tugas yang langsung kr tempat permasalahannya, memang seru. Sekaliam refresh jadinya. Haha

    BalasHapus
  11. Eh ini yang kemaren di kopdar pacarnya gerald itu kan ya? Kuliah di mana sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahaha bukan pacarnya gerald hadoooh. Di BL nih kaka kribow

      Hapus
    2. Hahaha sori sori salah gue. ._.
      BL tuh apaan sih?

      Hapus
    3. Hahaha Haduh haduh ._.
      Budi luhur internasional school wkwk

      Hapus
  12. Abis lulus juga dibuang tuh tugasnya :v
    Ya kan nay? :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk gue mah engga kok. Beda. Tugasnya gue simpen biar jadi kenangan *apasih XD

      Hapus
  13. infonya menarik kak.. keren nih kak.. kalau inign tahu tentang cara membuat website gratis yukk diklik yaa.. terimakasih

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
Fransisca Williana Nana
Lihat profil lengkapku

Followers

Google+ Followers

total human

Follow Us

BTemplates.com

About Us

Popular Posts

Popular Posts

Popular Posts