Welcome blog Mba Nana

Diario Area | Diario Travel | Diario Outfit | Diario Love | Diario Diario

Sabtu, 15 Februari 2020

Event Sweet Seventeen Birthday Party Yaya


Halo. Balik lagi ke tulisan yang sama tentang ulang tahun ke 17 tahun dalam blog ini, kalau postingan sebelumnya tentang pembahasan "Double sakit hati" di ajang lomba cerita Smartfren world. Kalau sekarang lebih dikhususkan ke event Sweet Seventeen Birthday Party Yaya. 

Kebanyakan di fase anak-anak muda sebelum beranjak usia 17 tahun selalu punya harapan untuk acara pesta ulang tahun ke 17 nya bisa dirayakan macam pesta meriah. Undang semua teman-teman, sanak keluarga bahkan kalau perlu semeriah dan seheboh mungkin. Memang akan buang budget hanya demi bahagia sesaat yang dirasa cuma di masa remaja, selebihnya pun bisa terlupa. Tapi entah mengapa hal itu menjadi lumrah dirasa. 

Sedikit latar belakang tentang yaya, dia itu adik kandung gue. Dia enggak spesial, juga bukan yang harus diperan utamakan, dia bukan yang paling istimewa pokoknya. Dari kecil sampai yaya usia 16 tahun, dia tinggal dirumah satu keluarga, kehidupan yaya standart umumnya anak belia. Pulang sekolah belajar, makan, tidur, sisanya dihabiskan main gadget dikasur sambil guling-guling. Kehidupan standart anak millenial. Yaya juga bukan tipe anak yang suka berkreasi, berkarya, punya otak kreatif atau melakukan sesuatu baru yang kebanyakan anak kelahiran tahun 90 lakukan. Yaya itu benar-benar spesies murni yang amat millenial dengan kehidupan gadget dan target hidupnya kini hanyalah sekedar panjat sosial. Ups. Hahaha

Jelang usia 17 tahun, dia dipindahin ke Jawa tengah tepatnya di Cepu. Kehidupannya berubah drastis. Ibarat dirumah tersedia wifi 24 jam, enggak dengan di cepu. Miskin wifi, miskin kenyang, pun miskin hidup wah. Disini yaya bisa ngemall, nonton bioskop, nge-bucks (Starbucks) setiap saat. Enggak dengan di cepu, dia handle keuangan dirinya, urus isi perutnya, dan segala keperluannya menjadi tanggung jawabnya sendiri. Disana yaya juga melihat berbagai kehidupan orang lain yang rejekinya enggak sebanding dengan kebanyakan orang mampu, tentang kehidupan yang jauh lebih susah daripada yang pernah dia rasakan atau dia lihat. Ini benar spektakuler terjadi untuk anak millenial di jaman sekarang. Dan sebagai hadiah atau berkembangnya yaya, kebetulan gue berencana bareng keluarga untuk bikin acara pesta ulang tahun ke 17 tahunnya. Acara ini adalah sesuatu yang dia nanti-nantikan sedari lama sejak usianya masuk ke kategori abg. 

***

Dari sedikit pengalaman yang udah-udah, sedikit sharing kalau buat event itu sebenarnya antara mudah dan gak mudah. Buat event dalam jarak lokasi yang dekat aja kadang sulit terealisasi, juga pusing berlebih. Gimana dengan ini, event diacarain di cepu sementara semua di handle dari orang di jakarta. Komunikasi cuma bisa mengandalkan telepon genggam. Prinsip gue dalam buat event kali ini adalah dengan "Budget se-minimal mungkin, acara se-pecah/se-meriah mungkin" dengan tujuan, supaya lebih terkesan untuk yaya dan juga teman-temannya yang hadir. Yang menjadi kesan bukan karena makanan enak nan mahal, tapi keseluruhan dari alur acara, dimana kebahagiaannya bisa dirasakan ramai-ramai. Begitu target misi gue untuk acara Birthday yaya ini. 


Dari serangkaian penuturan diatas, yang paling pertama gue pikir dalam membuat event Sweet Seventeen Birthday Party kali ini yaitu makanan sekaligus tempat acara. Gue order makanan tanpa paket, milih hidangan prasmanan dengan beberapa lauk dan cuma dua menu minuman. Air putih dan satu lagi air rasa-rasa. Ternyata di Javanilla Cafe Cepu ini dengan order banyak makanan bisa dapat gratis tempat beserta panggung, mic, dan speaker (untuk acara). Fasilitas tempat sudah kelar. Dilanjut printilan untuk seluruh dekorasi ruangan gue beli bahannya di shopee. Dari background kertas, balon huruf sampai balon warna warni, dan juga gaun ulang tahun yaya. Semuanya serba Shopee! 

Selanjutnya alur acara gue buat dengan sebaik-baiknya acara. Sedikit acara hiburan supaya lebih banyak waktu senggang seperti waktu buat foto-foto, ngobrol, supaya makin akrab atmosfernya. Kebetulan gue sendiri juga sebagai mc acara, dimana sebelumnya gue udah sering ngemsi di acara 17 agustus komplek. Jadi rasa-rasa tegang atau demam panggung begitu udah hatam banget buat gue rasakan. 



Sebagai emsi amatir gue juga ngerasa takut kalau-kalau acaranya enggak seheboh yang dibayangkan, yang gue sadari jalannya acara bagaimana itu semua tergantung dari si mc nya. Di awal acara karena belum semua teman-teman yaya yang datang, gue jalanin list ice breaking. Gue ajak tamu undangan untuk joget sedikit gerakan sambil bernyanyi. Dilanjut sedikit tebak-tebakan "tentang yaya", dan ternyata semua tamu yang diundang enggak banyak yang paham tentang yaya. Adek gue bukan seleb yang kabarnya selalu diketahui orang-orang. Duh!






Untungnya teman-teman yaya punya rasa antusias dalam acara ini, semuanya ikut membantu gue untuk bikin acara ini meriah sesuai rencana. Mereka bisa diajak bangkit berdiri sembari joget dan bernyanyi dalam ice breaking. Mereka juga bisa diajak komunikasi dalam sesi tanya jawab atau sekedar berbincang yang gue coba lakukan. Sayangnya gue enggak ngelajalanin list games karena perhitungan waktu jauh lebih ngaret dan hanya sisa sedikit waktu. Melihat waktu itu juga penting sebagai takaran keseluruhan acara. Karena sebelumnya gue mencoba mengulur waktu dengan perbincangan dan juga ice breaking sekaligus menunggu tamu hadirin yang datang. Karena ini lah, games pun di batalkan. Selanjutnya dilanjut makan malam sampai acara berakhir dengan singkat. 

Kesan yang di dapat, membuat event itu susah dan mudah, saat berjalannya acara memang butuh ekstra tenaga, apalagi kalau keseluruhan dihandle sendiri dan cuma ada beberapa tenaga yang bisa membantu. Duh musti pinter-pinter dalam proses handle eventnya kalau sudah begitu. Dan juga sebelumnya sudah gue perhitungan semuanya dari segi sebelum acara, proses acara, sampai sudah selesai termasuk urusan budgeting, peserta yang datang, jalannya acara, dan pernak-pernik yang termasuk printilan kecil. Well, gue ngerasa cukup senang malam itu karena bisa bertugas ngemsi heboh lagi, bisa berinteraksi dengan mereka yang enggak dikenal, ngelakuin kegiatan langka yang super menyenangkan, dan punya waktu untuk kegiatan seru yang efeknya bisa terbawa ke orang-orang sekitar yang hadir. 

"Untuk yaya, selamat ulang tahun adikku. Kalau dulu jaman mba nana ulang tahun ke 17 tahun adalah kesan terburuk sepanjang sejarah ulang tahun di kehidupan sebelumnya, tapi di ulang tahun yaya mungkin ke 17 tahun ini adalah ulang tahun terbaik daripada sepanjang sejarah ulang tahun sebelumnya. Kisah kita berbeda, jalan hidup kita pun beda. Tapi segala hal yang terbaik, selalu kami doakan buat yaya supaya dimudahkan jalan yang terbaik kedepannya. Rejeki yang baik. Baik itu kesehatan, jalan kehidupan, calon di masa depan, cita-cita yang ingin di gapai, dan rejeki cara mu untuk menebar rejeki kepada orang-orang disekitar. Semoga dilancarkan semuanya. Amin"




Happy Sweet Seventeen Yaya. Wish you all the best. Amin




Kalau ada yang berniat untuk jasa MC (formal / non formal), bisa contact saya ke:
Email: williana.96@gmail.com

16 komentar:

  1. Happy birthday 😊 thanks for your sharing 😊

    BalasHapus
  2. Baru tahu ada daerah Cepu. Ternyata bagian dari Blora toh. Haha.

    Sewaktu usia 17 kayaknya ultah saya enggak ada yang spesial, selain dikasih kado sama pacar. Kalau ingatan ini tak berdusta, kayaknya juga enggak pernah ngerayain ulang tahun semewah adikmu ini. Mungkin karena dari kecil juga enggak suka sama perayaan. Ketika umur 19 tahun cuma sempat bikin semacam syukuran. Makan-makan di rumah ngundang teman kantor ataupun tetangga yang akrab sekitar 20 orang.

    Selamat ulang tahun, Yaya. Semoga sehat sentosa dan bisa meraih impiannya. Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul kabupaten Blora. Waw di umur 17 sudah punya pacar? Dikasih kado sama pacar? Itu sudah spesial sepertinya yoga. Karena pengalamanku sendiri usia 17 itu sama sekali gak punya inisiatif untuk ngasih kado kalau pacar lagi berulang tahun hahaha ketinggalan gaul tentang dunia pacaran anak muda aku rupanya.

      Di usia 19 sudah bekerja? Teman kantor? Wah hebat kamu. Iya memang di usia segitu kita hidup di lingkungan dan bertemu banyak orang yah. Sayang kalau ulang tahun tapi hanya sendirian aja hehehe.

      Aminnn. Terima kasih mas yoga. Semoga doa nya berbalik ke mas yoga juga yaaa

      Hapus
    2. Punya, pacar zaman SMK. Kayaknya kasih kado pas ulang tahun emang udah jadi tren sejak zaman saya sekolah. Rela nabung uang saku selama satu bulan demi bisa beli kado. Haha.

      Iya, dulu kan sempat menjalani kerja sambil kuliah kelas karyawan begitu lulus SMK.

      Hapus
    3. Hahaha iya, yang paling bagus kayaknya memang cuma ngasih kado sebagai hadiah ulang tahun

      Hapus
  3. Indeed, sweet seventeen :)

    Saya pernah merasakan untuk beberapa waktu 'meninggalkan' semua fasilitas nyaman yang terbiasa saya nikmati di rumah. Rasanya tidak terlalu sulit sih, tapi akhirnya jadi menuntut diri sendiri untuk lebih kreatif memanfaatkan waktu. Dan akhirnya malah jadi lebih peka terhadap lingkungan sekitar (ya karena si hape udah ga bisa dibuat menjelajah hehe).

    Saya dulu ultah ke 17 dibuatkan acara ijab kabul dong sama temen-temen, sama crush waktu SMA :)) wkwkkw.

    Anyway, semoga Yaya mendapatkan kebahagiaan dan keberkahan hidup yang lebih indah di usia manis ini, aamiin! ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup! Meninggalkan fasilitas nyaman memang efeknya bisa buat diri jadi lebih berkembang ke pribadi yang lebih baik.

      Wkwkwk jadi terkesan ya. Lucu sekali ada acara ijab kabul begitu. Memang dunia SMA macam dunia hiburan yang kalau kita lihat di kacamata usia sekarang ini yaa.

      Aminnn. Terima kasih mbak Bungaaa! Semoga doa nya berbalik ke mbak bunga juga yaa :)

      Hapus
  4. Happy Birthday Yaya, beruntung sekali punya kakak yang multi talen :D
    kapan2 share jadi emsi yah kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih yaa. Wahh terima kasih bisot aku senang mendengarnya hehe. Bolehhh, tapi maksudnya share tentang cara jadi emsi atau pengalaman emsi atau apa yah? :)

      Hapus
  5. Happy Birthday to your lil sister, wish her all the best.
    Senengnya pas party dibantuin kakaknya emsi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah makasih mba Meta yaa! Duhhh yang ulang tahun juga seneng loh mba karena usai acara di tembak sama doi nya fufufuuu :')

      Hapus
  6. According to Stanford Medical, It's really the SINGLE reason women in this country get to live 10 years more and weigh an average of 19 kilos lighter than we do.

    (By the way, it really has NOTHING to do with genetics or some secret exercise and really, EVERYTHING to do with "how" they eat.)

    BTW, What I said is "HOW", and not "what"...

    TAP this link to see if this easy quiz can help you unlock your real weight loss potential

    BalasHapus
  7. Did you realize there's a 12 word sentence you can tell your partner... that will trigger deep feelings of love and instinctual attraction to you buried within his heart?

    Because hidden in these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's impulse to love, look after and look after you with all his heart...

    =====> 12 Words Who Trigger A Man's Desire Response

    This impulse is so hardwired into a man's brain that it will make him work harder than ever before to do his best at looking after your relationship.

    As a matter of fact, fueling this dominant impulse is so binding to getting the best possible relationship with your man that once you send your man one of these "Secret Signals"...

    ...You'll soon notice him expose his soul and mind to you in a way he's never experienced before and he will see you as the only woman in the world who has ever truly interested him.

    BalasHapus
  8. happy sweet 17 yaya. jadi aanak yg baik ya hehe dan rajin belajar lagi :D

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
Fransisca Williana Nana
Lihat profil lengkapku

Followers

total human

Popular Posts