Welcome blog Mba Nana

Diario Area | Diario Travel | Diario Outfit | Diario Love | Diario Diario

Sabtu, 02 Oktober 2021

Ranca upas Bandung

"Aku menyukaimu, aku tidak bisa menahan rasa itu..." begitu ucap bu Dokter di serial Netflix Hometwon cha-cha-cha. Rasa suka aja gak mampu dibendung, gimana dengan rasa pingin liburan setelah berminggu-minggu ditetapin lockdown? Dengan senang hati, tanpa perduli berapa kilometer jarak tempuhnya, aku, doi, dan keluarga berencana liburan satu hari ke Bandung. Yeay!

***

Perjalanan dimulai sekitar jam tujuh pagi. Cukup ditempuh dalam waktu dua sampai tiga jam dan akhirnya kita sampai di tujuan awal. RANCA UPAS 😃💓


Begitu sampai hawa sejuk terasa disekujur kulit tangan dan muka. Sejuk dingin begini bawaannya tertuju pingin rebus indomie. Hawa ngidam indomie kenapa muncul iseng begini sih? Untung saja banyak warung yang jual indomie rebus. Cus kita ngemie dulu dan selanjutnya main-main deh sama rusa! 

Begitu masuk ke kandang rusa, gak lupa beli bucket wortel sebanyak dua ember dengan pasang tarif 20.000/embernya, isinya gak terhitung. Cukup untuk properti foto pas lagi ngasih makan rusa. 

Sebetulnya aku enggak tau rusa itu punya karakter apa, berperasaan atau enggak, apa mudah dijinakkan atau justru sulit, dan kira-kira apa rusa bisa dianggap teman sama seperti anjing? Ku pikir, rusa sama baiknya kayak guguk dirumah. Tapi ternyata, eh... sama sekali enggak. Apalagi kalau lagi kelaparan.



Terlihat bukan digambar pertama kalau rusanya mendekat dan minta wortel? Jujur aku agak pelit kasih makan mereka sebelum aku dapet foto bagus pas moment lagi kasih makan rusa. Sayangnya aku harus alami tragedi diseruduk rusa dulu.

Di awal terjun ke kandang rusa, kita harus berdiri disepanjang jalan tanah yang betul-betul enggak nyaman, kita gak bebas untuk melangkah. Bercecer eek rusa dimana-mana, jalanan lumpur dimana-mana, dan rusa-rusa yang lagi istirahat juga ada di posisi acak semau mereka. Aku didatengin sama banyak rusa karena mereka tahu kalau aku bawa satu ember wortel. Aku kasih beberapa aja, ku sisain wortelnya di ember sembari satu tangan ku angkat keatas kepala. Supaya rusanya gak bisa menjangkau wortel yang kupegang.

Tapi tiba-tiba insiden terjadi. Ada rusa lain yang entah datangnya dari mana, tiba-tiba dia lari dengan posisi kepala menunduk supaya tanduknya bisa menyergap lawan. Rusa nya lari kearah aku. Dia nyeruduk bagian pinggang dan perut. Begitu diseruduk, jatohlah satu ember isi wortel. Bukan aku yang jatoh. Refleks tangan langsung ngelepas ember wortel karena mungkin aku langsung peka kenapa ada rusa bertanduk tiba-tiba nyeruduk. Aku kaget, panik, langsung lari ngibrit menjauh dari kerumunan rusa apalagi dari rusa yang bertanduk tadi. Takut, trauma, sedih, campur aduk jadi satu. Ngeri kejadian kayak di film final destination dimana secuil kejadian bisa jadi malapetaka yang berdarah-darah. 

Satu ember wortel ludes begitu aja. Padahal aku baru dateng, baru terjun ke kandang rusa dan belum dapet foto spesial dengan pose "lagi kasih makan rusa pake wortel". Tapi udah pupus rasanya. Setelah beberapa menit, ternyata doi nge-beliin satu ember wortel baru. Masih pingin usaha pose "lagi kasih makan rusa pake wortel" tapi kali ini harus lebih hati-hati. Lebih sering jauhi kerumunan rusa. Tapi tetep aja, rasa parno dan takut masih belum hilang. Mau pergi dari kandang rusa tapi tujuan kesini kan mau foto bareng rusa. Masa pergi begitu aja. Yaudah aku diem dan merenung dulu. Ngumpulin energi untuk dapetin foto spesial dengan pose "lagi kasih makan rusa pake wortel" 


Sementara berpikir supaya gak kejadian malapetaka berdarah-darah karena takut diseruduk kedua kalinya, aku mengamati keadaan disana. Sekeliling. Gimana orang-orang bisa lebih santai untuk foto bareng rusa, lebih santai ada di kandang rusa. Dan menikmatinya.

Dan ada kejadian lain, gara-gara ada rusa yang mengejar tadi, ternyata kaki adekku si Yaya sempat celup ke tanah berlumpur. Sepatu putihnya jadi kotor kena lumpur. Dia juga alami kena mental sama halnya kayak aku. Yah, yang harusnya suasana menyenangkan malah jadi panik karena takut kejadian malapetaka si rusa jahat. Pingin rasanya marah sama rusa, tapi ternyata rusa gak berperasaan. Kalo guguk dirumah begitu dimarahi kan langsung nunduk sembah sujud minta ampun biar hati pemiliknya luluh. Ah sudahlah, mereka berbeda.




Karena masih ada banyak rusa yang diam ditempat, kayaknya mereka termasuk target yang bisa diajak foto cantik. Nah, ku sebut mereka adalah rusa baik hati! Enggak kayak rusa bertanduk, tempramennya cenderung mudah naik. Ngeliat wortel matanya langsung merah, pingin makan. Mana pake senjata nyeruduk. Kan bikin kapok ya 😢😢😢




Oh ya, disana juga tersedia permainan olahraga anak panah. Cukup bayar 35 ribu untuk sepuluh busur panah. Cukup seru kalau dimainkan beramai-ramai. Dan ternyata, di ranca upas juga tersedia kawasan camping. Kalau mau berkemah, kamu bisa bawa peralatan kemping pribadi dan tinggal bayar sewa penginapannya saja. Suasana kemping dengan nuansa hijau-hijau dan hawa dingin rasanya seperti perpaduan yang cocok untuk dicoba. 




Thank you Ranca upas atas kesan menyenangkan dan uneg-uneg dongkol yang sempat tersirat dihati. Waktunya pergi ke wisata selanjutnya khususnya di kota Bandung 😄

17 komentar:

  1. tu rusa hewan pemalukan, yang disana nggak takut kah sama manusia. mbak . :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemalukan itu apa mas? Hahaha kalo harus takut, takut kenapa? Orang manusia nya pada bawa makanan :p

      Hapus
    2. Tu , takut takut deket sama kite. Heheh.oh ya. Tu rusah lihat bawa makanan enak kata na . 😀😀😀

      Hapus
  2. Ciee sama bebeb, btw akupun belum pernah ke ranca upas rusa ini ternyataaaa ga se wow di ig ya hehe mungkin emang harus musim panas beb supaya gada ujan n ga becek. Aku bukan tipe animal lovers tapi pengen main kesana pura2 candid ngasi makan, kayaknya seru bawa bocil nih to harus hati-hati juga ya, tfs beb jadi pengen nginep disana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe NAH memang konten tuh suka melebih-lebihkan ya kannn. Mungkinn, tapi daerah ranca upas dingin beb. Antara daerah sana daratan tinggi makanya hujan terus mungkin. Haha iya seru bawa bocil pasti bocil seneng liat-liat rusa

      Hapus
  3. Ini salah satu wishlist kalau aku ke bandung sama anakku nanti, aku blm pernah kesini soalny hihihi, si bayi pasti seneng kalau di alam terbuka dan ada binatang gitu, tp ya harus ekstra penjagaan ya, takut disrudug juga.

    Duh yg disrudug kok g ada fotonya Na? hihihi kaborr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ranca upas tuh udah jadi trending list kebanyakan buat jadi wisata liburan kayaknya yaa. Wah si dedek pasti seneng main-main sama rusa gitu. Nah iya betul tetep harus waspada apalagi kalau posisinya SAMBIL MEGANG EMBER WORTEL. Harap HATI-HATI

      Wkwkwkw minta dikejar rusa ya mba meta >.<

      Hapus
  4. Ahhh seger banget, jadi pengen kemping di sana deh :) Makasih infonya kak

    BalasHapus
  5. Asyik tapi aku agak takut sama hewan wkwk soalnya rusa kan punya tanduk gitu, bisa jadi pengalaman berkesan nih

    BalasHapus
  6. Seru nih liburan bersama keluarga dan orang tercinta. Kalau aku cuma pernah foto dengan rusa saat berkunjung ke kebun binatang pas jaman aku masih kelas enam SD di tahun 2008.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa foto bareng rusa pas masih kecil pasti seneng banget dan jadi special moment karena bisa ketemu rusa yah.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
Fransisca Williana Nana
Lihat profil lengkapku

Followers

total human

Popular Posts