Welcome blog Mba Nana

Diario Area | Diario Travel | Diario Outfit | Diario Love | Diario Diario

Minggu, 05 September 2021

Berhenti sejenak itu, melegakan

Siang itu ku lantunkan musik lofi yang berjudul chill atau mungkin staying in pada jendela youtube. Sementara musik mengalun, ku nikmati tiap dentingnya hanya dengan rebahan alias tidur sambil melamun membayangkan betapa nikmat hari demi hari dilalui tanpa tekanan dan beban kehidupan. Rasanya ingin balik ke masa silam atau masa kanak-kanak dimana setiap jam nya hanya bingung harus berbuat apalagi karena pengetahuan akan kehidupan hanya minim kapasitasnya di otak.

Kusadari, aku bukan tipe orang yang suka mengejar suatu trendi. Mengikuti alur kehidupan yang normal dan terlihat mengesankan. Mengejar suatu impian bahkan menjadi individu berkualitas yang selalu mampu meningkatkan taraf hidupnya. Sebenarnya aku tidak ingin. Aku hanya ingin menikmati keseharian tanpa sesuatu yang harus dikejar. Menikmati lantunan lagu, menyesap kepulan asap ringan sambil melamun membiarkan arah ide dalam kepala berlarian mencari target pikiran lain. Lalu menikmati seruputan rasa kopi susu atau kopi gula aren yang rasanya memang enak. Bahkan kalau tidak ada kopi, hanya makan indomie atau membuat cemilan roti sederhana rasanya juga sudah menyenangkan. Aku kan merasa energi ku terisi penuh. Sebenarnya, rajin mengutak-atik dapur itu juga seru. Tapi kalau sesuatu itu menjadi keharusan yang membelenggu untuk dibuat setiap harinya, ya semoga saja bukan rasa bosan yang terus menghantui. 

Oh ya, aku ditemani seekor anjing kecil. Eh, dia tidak kecil-kecil amat, mungkin bisa disebut "si mungil". Dia lucu dan selalu butuh teman, tapi temannya manusia. Dia tidak mau berteman lama-lama dengan sesama anjing. Dia lebih bahagia dan nyaman kalau berada disisi manusia, karena merasa terlindungi. Aku sayang baby, anjing kecil yang dulunya tersiksa entah apa yang telah diperbuatnya... 


Kini aku tak menyesap apapun, juga tak menyeruput apapun. Hanya menikmati musik yang melantun seiring berjalannya waktu, tentunya juga menikmati kenangan. Ah aku mencintai hari libur. Biarpun harus sibuk mencuci pakaian dan membuat sarapan, aku suka dan menikmati hal itu. Aku juga turut sibuk memperhatikan jam makan anjing mungil. Dia rajin kuberi makan sehari dua kali. Hanya pakai nasi tercampur wetfood tuna yang diaduk dengan campuran kulit telur yang sudah dihancurkan, serta diguyur beberapa sendok air cuka apel yang telah tercampur dengan air biasa. Diaduk merata dan baby selalu menunggu makanannya. Ah aku senang!

Selain itu aku juga punya beberapa buku bacaan yang masih belum terbaca, bahkan ada buku yang masih belum ku selesaikan. Aku menikmati setiap kata yang tersirat dalam benak setelah usai membacanya. Kurasa aku betah seperti ini dalam jangka waktu lama. Tapi, aku termasuk orang yang bisa mengejar kapasitas diri. Semua itu berkat dorongan ibu. Aku juga tak mau menyia-nyiakan usia karena harus bersantai setiap harinya. Biarpun bersantai setiap hari adalah impian ku yang membahagiakan, tetapi menjadi pekerja adalah keinginan semua orang, maka aku akan menikmati hari-hari normal seperti itu dengan sedikit berat hati, hingga lama-lama kan terbiasa kembali. Aku ingat sebuah ucapan, katanya "hidup kalau sekedar hidup, buat apa? Setidaknya, hiduplah yang bermanfaat bagi orang lain..."

Aku tidak ingin terbeban, terbelenggu akan sesuatu yang musti dikejar dalam kehidupan. Sayangnya, di hidup ini semua orang terus berlari, mengejar sesuatu yang kelak akan menjadi angan lalu, setidaknya bermanfaat. Tapi, kita semua akan mati. Bisakah aku bersantai sejenak dan tidak melakukan apa-apa karena aku mencintai untuk tidak melakukan apapun di bumi ini?

Sementara tidak melakukan itu sama artinya dengan sedang melakukan sesuatu. Sementara itu, maaf... Biarkan benakku dan aku berhenti sejenak seperti ini karena rasanya sungguh melegakan.

Biarkan aku begini sesaat saja sampai aku terbiasa kembali kalau setiap harinya aktivitas normal akan terus berlanjut, perjuangan hidup akan dirintis kembali hingga manusia kan menuju ajal tuk' tutup usia...

15 komentar:

  1. Berhenti sejenak untuk evaluasi dan refleksi dan kemudian melaju lebih jauh lagi. Semangat. Konten yang meneduhkan. Salam buat si mungil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat yuk semangat! Hehe thank you, wah mungil seneng nih katanya "bagi bone dong om" :))

      Hapus
  2. Enggak ngapa-ngapain emang nikmat. Hahaha. Selama itu enggak dilakukan secara berlebihan. Maksud saya, manusia tetap harus mengisi waktu kosongnya itu, kan? Ada waktu buat cari uang, bermain, istirahat, dan sebagainya. Sekiranya cuma malas-malasan atau bengang-bengong denger lagu begitu, dia suatu hari bakal jenuh sendiri. Bahkan saya kira, orang yang udah punya banyak duit pun terasa mustahil kalau cuma leyeh-leyeh menunggu ajal. Dia masih butuh suatu kegiatan lain buat menghibur diri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih betul... Kita memang butuh istirahat untuk refleksi tapi kalau kelamaan juga bakal jengah sendiri dan reflek mencari kesibukan, rasanya pun akan menyenangkan karena sudah bosan leyeh-leyeh. Yah begitulah

      Hapus
  3. Mbaaaa si baby lucu bangetttttt :D. Aduuh gemaaaas liatnya, mukanya iu loh, kliatan banget jinak dan baiknya :).

    Aku juga kadang2 pengen kok sesekali hanya rebahan, doing nothing. Capek juga pikiran kalo hrs dipaksa kerja dan mikir Mulu. Kita berhak buat istirahat sejenak.. ga mikirin kerjaan, biar tetep fresh :D. Makanya ntah harus kasihan, ATO salut, ngeliat orang kok bisa ya gila kerja :D. Ada temenku yg begitu. Ga mau menikmati sedikit hasil kerjanya gitu. Kalo di kantor ga ada aturan ttg coreleave, aku rasa dia ga bakal cuti2 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe makasih mba. Iya dia jinak & baik tapi kalau dijahatin, dia lebih jahat wkwk serem pokoknya biarpun kecil-kecil cabe merah :(

      Iya ya mbak, kita berhak istirahat. Kalau emang lagi bosen, capek, ah stuck pingin lepas dari dunia sibuk itu rasanya.

      Iya kah? Nah orang yang kayak gitu agak unik ya. Atau mungkin dia juga melampiaskan rasa capeknya sembari kerja? Hmm se-senang-senangnya sama pekerjaan, tapi kalau capek ya aku rasa enggak mau lakuin kerjaan itu juga wkwk tetap pingin istirahat, entahlah^^

      Hapus
  4. Wah rebahan memang enak banget mbak, sambil mendengarkan musik sambil minum kopi plus ada cemilannya, apalagi kalo rebahannya di pinggir pantai atau mungkin di gunung.😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh bakalan rasanya self healing banget. Emang lagi pengen-pengennya rebahan nyantai di pantai atau gunung huuu

      Hapus
  5. Harusnya tulisan ini diberi judul "seni menikmati leha-leha" hauhahaha. Jadi pengen nyanyi Lazy Song-nya Bruno Mars deh 😂

    Btw, haiii Mba Nana! Lama banget nggak main ke sini dan menyapamu :D rasanya ikut senang Mba Nana lagi asyik menikmati hidup hihi gara-gara baca postingan ini aku jadi latah pengen rebus Indomie, kok kayaknya mecing banget sama cuaca mendung di luar LOL

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkw kalo judulnya seni menikmati leha-leha kok rasanya jadi kayak humor hahahah padahal ini kan kesannya lagi melow gitu ci janee ihh wkwk :(

      Indomie tuh kuat banget ya virusnya. Nyium aromanya aja bikin pengen, nah ini lewat virtual juga bisa jadi latah

      Hapus
  6. Diem aja tanpa melakukan apa2 aku jg suka di momen seperti itu kak. Libur yang hanya ingin diisi dengan rebahan, ga pengen jalan kemana2 cuma mau sama bantal.
    Beberapa saat nyaman banget kayak isi energi lagi. Tapi badan yg terbiasa banyak kegiatan akan bosan dan nyari2 cara buat gerak ga sih. Aku merasanya gitu sih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karena akhir-akhir ini aku terbiasa nyantai melulu jadi gak terbiasa buat sibuk sehari-hari ya.. Mana waktu itu kan lagi PPKM Darurat level 2-3 nah setiap hari dirumahhh terus, aktivitas terbatas.

      Semangat yuk semangat :D

      Hapus
  7. Rebahan dan dengerin musik memang asik ya, Mbak. Aku juga suka rebahan sambil dengerin musik. Istirahat sejenak sambil rebahan, dengerin musik, dan sambil ngemil itu memang asik banget menurutku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak! Saking asyiknya jadi lupa waktu dan pingin terus bersantai ria

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
Fransisca Williana Nana
Lihat profil lengkapku

Followers

total human

Popular Posts