Welcome blog Mba Nana

Diario Area | Diario Travel | Diario Outfit | Diario Love | Diario Diario

Sabtu, 10 April 2021

Public Relations dan Ng-Endorse

Setelah nganggur cukup lama di tahun 2020 akhinya di akhir bulan bisa dapet kerjaan lagi yeay. Status pengangguranku akhirnya tergantikan dengan status pekerja hehe. Semua ini berawal gara-gara pandemi dan aku termasuk salah satu korban yang terkena dampak covid-19. Syukurlah sudah berlalu. 

Setelah dapat pekerjaan yang lokasinya enggak jauh dari rumah (bersyukur banget untuk ini), ditambah lagi posisi yang ku jalani juga sesuai sama kemampuan dan hobi yakni di bidang Promotions/Branding/Konten Creator/Sosial Media, pokoknya yang berbau dengan dunia Digital deh! (lebih sangat-sangat bersyukur banget soal ini) karena pelajaran Public Relations pas kuliah dulu salah satunya juga mempelajari tentang media baru atau media massa. 

Posisi yang ku sebut diatas enggak mungkin dijalani tanpa seorang PR ya kan? Salah satunya sebagai konten writer, copy writer, dan strategi promosi tentu butuh otak PR sebagai pemikir untuk sebuah kata-kata atau informasi yang ingin disampaikan ke khalayak serta rencana di hari depan. Mulanya cukup tertantang sih untuk nempatin jabatan dan melakukan pekerjaan kayak gini karena ilmu PR yang ku punya baru sebatas pengalaman basic saat kuliah dan di komunitas, belum pernah tuh terjun di dunia kerjanya hehe. Tapi karena niat dan ingin terus belajar, lambat laun aku pun paham. Sampai sekarang pun aku juga masih belajar, dan akan terus belajar. 

Nah, selain pekerjaan utama yang ku handle sebagai promotions branding, aku juga iseng-iseng terjun bareng teman-teman sebagai jasa Promotions Branding Social Media untuk menangani salah satu restoran di Tangerang. Restorannya cukup sepi karena outletnya baru buka. Satu bulan berjalan, kita ide in untuk Endorse food blogger yang terkenal. Salah satunya kuliner sama cici, jajan sama koko. Mereka itu satu manajemen tapi termasuk menjadi 2 foodblogger. Bisa dipilih salah satu, atau make jasa keduanya tentu harganya beda-beda ya. 

Sebelum benar-benar memilih satu foodblogger, aku list dulu semua foodblogger dan endorse an lain dengan engagement rate tinggi. Semakin banyak engagement rate mereka, tentu akan ngaruh ke branding yang di endorse. Bisa membawa banyak orang jadi tahu tentang resto, tentang makanan yang di endorse, bahkan produk yang dijual. Dan berharap juga mendatangkan banyak orang-orang ke outlet untuk membeli produk. 

Habis itu baru deh di kontak admin dari endorsement nya itu. Dengan bahasa sopan santun dan jelas tujuannya apa langsung aku kirim. Otomatis bakal langsung di kasih rate-card atau harga jasa endrose. Ternyata biaya mereka itu diluar dari biaya transport. Transport jabodetabek area bisa sampai sekitar 300-400 ribu budgetnya. Belum lagi biaya jasa mereka sendiri. Wow juga ya untuk harga sebuah endorse.

***

Di hari kedatangan mereka untuk shooting, tentu aku datang. Ibaratnya kaya sebagai jembatan antara para endorse-an dengan outlet tempat aku kerja freelance. Sebenarnya agak kikuk karena aku sendiri enggak akrab sama cici dan koko. Beruntungnya di tempat aku bekerja dulu, selalu nemuin aku dengan orang-orang baru dan ber-akting untuk bikin suasana obrolan jadi lebih akrab serta nyaman. Ya beginilah mantan tenaga sales wkwk. 

Setiap hari keluar masuk gedung-gedung pencakar langit, ketemu orang-orang IT yang baru dikenal, tukeran watsap, akrab-in diri, iseng-iseng cari peluang jualan software IT. Lol. Ternyata ilmunya berhasil bikin aku jadi banyak ngomong supaya asik-asik jos wkwk. Padahal kepribadian bertolak belakang banget! 

Back to kuliner sama cici, kedatangan mereka ku sambut. Aku arahin ke salah satu bangku untuk duduk ngobrol bareng. Kita ngobrol-ngobrol basa-basi, kenalan lebih dalam supaya ikrib (akrab). Seru juga! Sensasi saat bertemu dengan orang baru itu rasanya menyenangkan. Ilmu mantan sales pun kepake juga, ternyata ada gunanya. Aku gak gugup saat ngobrol, bahkan juga enggak kelihatan "mikir" gue nih mau bahas apalagi ya? Ngobrolin apalagi ya? LOL. Semua pembicaraan mengalir gitu aja dan serius ini asik banget. 

Selama proses shoot pun aku pantau yang mereka lakukan, sekali-kali iseng nge-video in dan moto, lumayan buat isi story di instagram. Oh ya, mereka juga bekerja cepat. Saat shoot enggak ada tuh dari mereka yang kelihatan bingung atau ada masalah komunikasi misalnya cici ngerasa si koko nge-shootnya terlalu dekat jadi kelihatan lebih ngezoom wajahnya. Atau si cici terlalu cepat saat nyeruput mie jadi di videonya kurang bagus. Enggak ada tuh masalah-masalah kayak begitu. Semua berjalan dengan baik. 

Sampai hasil kontennya di upload pun juga berjalan dengan baik. Yeay disini aku ngerasa sebagai PR yang berhasil padahal baru satu pengalaman undang artis untuk tujuan Promosi atau menaikkan Branding perusahaan. Beberapa tahun lalu masih belajar teori tentang hal ini, eh setelah lulus baru deh terjun ke praktek. Nah ini dia sedikit cuplikan pas cici lagi proses shooting...



Ada cici-koko, dan juga tim design

Ini dia hasil endorse yang di upload ke instagram @kulinersamacici. Cekidot

16 komentar:

  1. Oalah, kamu terdampak juga toh, Na. Syukurlah akhirnya dapat di akhir tahun, ya. :D

    Saya enggak tahu siapa Cici dan Koko yang dimaksud, tapi soal endorse gitu setahu saya memang mahal, sih. Urusan transportasi juga jelas di luar rate card mereka, bahkan ada yang minta dijemput mobil khusus dari pihak restoran atau kafe atau tokonya. Tergantung kliennya lagi deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul yog hehe.
      Sebelumnya saya juga gak tau cici dan koko bahkan enggak ada kenalan food blogger satupun. Nah urusan transportasi itu yang bikin mengagetkan karena ada biayanya sendiri. Kadang mikir, pingin jadi food blogger juga rasanya aku tuh

      Hapus
  2. Syukurlah udah dapat kerjaan baru yg sesuai sama passionmu ya Na, bonusnya dkt sama rumah hihihi.

    Sukses terus ya Na, terus berkarya dan upgrade skill semoga selalu berjodoh sama kerjaan ini.

    BalasHapus
  3. Selamat ya dapat kerjaan yang sesuai passion dan deket pula dari rumah...

    Keren Na, kita jadi tau dunia per-endorsan nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul bang day jadi lebih kenal dunia passion sendiri. Makasih ya.. Btw tas nya gimana bg? Atau mau di refund ajaa hehe tapi bisa WA kah karena terakhir kan SMS ya? Anak milenial jaman skrg hampir jarang ada pulsa sms wkwk

      Hapus
  4. Salam dan selamat saja buatmu yang sudah pensiun dari pengangguran, hehehee.. Semoga sukses..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kembali bang Ancis. Amin hehe semoga suksesnya juga berbalik ya bang...

      Hapus
  5. Woaaa selamat ya kerjaan baru deket rumah dan sesuai passion nih, emang ya sekarang siapapun bisa jadi Influencer selama mau konsisten bikin konten... Udah menjamur banget hehe kadang aku ingin break dulu tapi rezeki manis nggak bisa ditolak.. Sekarang aku pilih2 job juga beb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi makasih dear. Iya nih job Influencer kayak udah bisa dilakuin sama siapapun. Wah ada rezeki mah tangkep aja beb selagi halal dan bisa ngerjainnya yah, yang penting kitanya juga happy jalaninnya

      Hapus
  6. Hi Mba Nana! Wah syukurlah Mba bisa dapat kerjaan baru lagi, dan cocok pulak yaa sesuai minat hihi semoga lancar dan sukses yaa di kantor baru ☺️

    Soal endorse, pas pandemi tahun lalu aku sempet bantu usaha kuliner mamaku di Bali dengan ngendorse beberapa foodblogger lokal juga. Nah, karena pandemi mereka banyak yang kasih free promote gitu, kita hanya keluar modal untuk kirim produk ke mereka aja. Lumayan kebantu sih, dan meski free hasil foto mereka juga nggak abal2 jadi seneng hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi makasi cici jane!

      Ohh paid promote yaa. Karena adanya foodblogger begini jadi ngebantu untuk iklanin bisnis yah. Dengan modal produk kita sendiri dan bayaran yang standard

      Hapus
  7. Seneeeeng kalo bisa dapet kerjaan yg sesuai background, hobi plus Deket rumah. Itu surga sih :D

    Temen2ku yg kerja di bagian marketing, atau public Relation, itu juga selalu asyiiik JD temen ngobrol. Mungkin Krn nature kerjaan, bikin mereka selalu luwes even dgn org baru ya mba :). Adaaa aja bahan obrolan kalo Ama mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe betul mbak, aku juga masih beradaptasi nih.

      Ohh begitu kah? Hehe jadi tersanjung aku :))
      Memang mbak, jiwa-jiwa anak PR lebih mendalami modal komunikasi, baik formal atau santai. Kita mendalami ilmu komunikasi itu hehe

      Mbak fanny juga bisa kok dilatih untuk punya kepribadian seperti itu. Saya rasa mbak fanny juga termasuk pribadi yang asyik diajak ngobrol :D

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
Fransisca Williana Nana
Lihat profil lengkapku

Followers

total human

Popular Posts