Welcome blog Mba Nana

Diario Area | Diario Travel | Diario Outfit | Diario Love | Diario Diario

Rabu, 14 Juli 2021

Masakan chef Nana

Halo! Beberapa bulan lalu aku dirumah sendirian lho. Orang rumah semuanya pergi ke kampung halaman. Waktu itu lagi era new normal, karena ada kesempatan buat ketemu sanak saudara dikampung, berangkatlah mereka. Aku gak ikut karena urusan pekerjaan yang sebenarnya gak enak kalau harus ditingal berlibur apalagi ambil cuti ditengah virus bara-bere kayak gini.

Bingung harus makan apa selama hampir 2 minggu kedepan. Uang pas-pas an karena mendekati akhir bulan. Alhasil harus muter otak. Nyari referensi masakan simple di youtube dan tutorialnya. Hari minggu pagi aku pergi ke pasar supaya belanjanya cepat dan kena harga murah! Aku udah catat bahan-bahan yang dibutuhkan untuk kebutuhan makan satu minggu lebih. Di kulkas cuma sedia telur dan nugget, bisa sebagai cadangan kalau gak ada masakan dirumah. Aku belanja kepasar dan habis budget sekitar 130 ribuan. 

Karena ditinggal orang rumah tanpa stok makanan banyak selain telur, nugget, dan beras, aku jadi tahu budget kebutuhan pangan dan ngatur keuangan untuk kebutuhan hidup. Hal ini bisa jadi bekal wawasan aku untuk berumah tangga nanti, ya kan calon suamiku? *lho  hehehe*

Sesekali aku pingin ada masakan yang bervariatif misalnya ada tambahan bumbu rempah-rempah atau termasuk kategori masakan yang sulit dibuat. Iseng mau bikin ayam dengan varian lain, akhirnya nyoba buat ayam rica-rica.

 
Dari banyaknya referensi di youtube, aku cari yang paling mudah. klik disini untuk ayam rica-ricaBahan-bahan: Ayam 1/2 kg, daun salam 2 lembar, sereh 1, kemangi 1 ikat, minyak goreng secukupnya, air 1 gelas, gula 1 1/2 sdt, garam 1/2 sdt, kaldu bubuk 1/2 sdt.

Bahan yang dihaluskan: Bawang merah 5 siung, bawang putih 3 siung, cabe merah keriting secukupnya, cabe rawit merah secukupnya, tomat 1 buah, merica 1/4 sdt, kemiri 2, jahe 1 ruas, kunyit 1 ruas.

Biarpun ada beberapa bahan yang ketuker, jahe yang ternyata lengkuas. Padahal di gambar google bentuknya mirip, dan sereh yang entah ketuker sama daun apa tapi ternyata cita rasanya mirip dengan ayam rica-rica yang pernah ku makan. Dan pertama kali ngulek bumbu dapur, biarpun mata kepedesan tapi niat tetap maju tak gentar sampai bumbu rica-rica nya jadi. Dan akhirnya chef nana berhasil bikin ayam rica ala-ala. Enak rasanya!

Selanjutnya

Telur kecap asin dan telur daging ham mayonaise. Ini mudah bikinnya. Untuk telur dadar dan daging ham didalamya di balurin saus mayonaise secara merata supaya cita rasanya lebih berasa. Makan deh dengan nasi putih!

Untuk telur kecap asin, pertama-tama buat kuah dalam wadah mangkok kecil berisikan bawang putih 2 siung, lalu tuang kecap bangka, lada bubuk, kecap asin dan air. Panaskan wajan berisi sedikit minyak, taburkan daun bawang yang sudah dipotong-potong, pecahkan telurnya, tuang kecap asin yang telah dicampur beberapa bahan tadi dalam wadah kecil ke telur yang sedang digoreng.

Nyalakan api kecil tunggu sampai setengah matang sembari mengguyur telur dengan bumbu kuah campuran kecap asin tadi. Tinggal di angkat deh! Boleh tambah wortel, timun, atau sayur mentah lainnya sebagai opsi.


Selanjutnya aku bikin sayur kentang karena sudah rindu untuk makan sayur. Bahan-bahan ala kadar seadanya stok dikulkas. Sedia kentang, brokoli dan wortel. Dicampur air dan beberapa telur hanya sebagai penambah bahan. Masukan bumbu dapur garam gula lada dan kaldu ayam supaya terasa enak. Jadi deh!

Lalu ada bakso goreng yang dicampur dengan sosis, cabai, bawang putih dan bawang merah. Masaknya mudah hanya cemplung-cemplung bawang putih, bawang merah, dan cabai pada wajan yang sudah diisi sedikit minyak goreng panas. Cemplung kembali bakso dan sosis, tunggu sampai matang atau warnanya berubah kecoklatan. Sudah jadi, makan deh pakai nasi!
Mudah bukan? Memasak itu seperti seni yang menyenangkan. Dua hari sekali sepulang kerja aku masak menu diatas untuk isi perut sendiri. Tinggal sendiri, masak sendiri, nyuci sendiri, mikir sendiri hahaha untunglah aku bisa. Maklum aku bukan anak rantau atau anak yang pernah kost hidup sendiri. Jauh dari ibu buat ku sulit rasanya. Betul-betul anak emak... 

Tapi aku akan siapin diri untuk kehidupan selanjutnya dimasa yang akan datang, karena enggak mungkin jadi anak emak terus-terusan ya kan. Seenggaknya aku udah merasa mampu untuk hidup mandiri apalagi hidup bersamamu wahai sang calon belahan jiwa *lho hehehe

13 komentar:

  1. wih, mantep jadi pinter masak ya ditinggal orang tua mudik.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya nih bakat terpendam jadi bisa dilakuin pas ditinggal mudik..

      Hapus
  2. Kalo udh terbiasa memasak dan menyusun menu gini, pasti lebih gampang nanti pas berumah tangga ya mba. Aku skr juga lagi rajin cari2 resep menu seminggu. Soalnya sjk ppkm, asistenku aku larang ke pasar, jadinya harus belanja pasar online. Naaah nyusun deh menu seminggu dulu, supaya bisa tahu apa yg mau dibeli :D. Sekalian jadi meal prep biar kulkas rapi kan.

    JD pengen bikin ayam rica juga aku, setelah baca menu di atas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha duh jadi racun ayam rica dehh.

      Wah sama aku juga bikin preparation seminggu untuk plan menu makanan. Amin semoga lebih gampang pas berumah tangga nanti ya, paling hambatannya kalau lagi bosen masak wkwk.

      Bisa belanja online gini jadi dimudahkan buat kita masak ya mba, gak perlu ke pasar karena takut berdesakan sama orang-orang deh

      Hapus
  3. Jahe memang kadang suka tertukar dengan lengkuas atau Laos ya, soalnya agak mirip, begitu juga lada dengan tumbar, kalo garam biasanya dengan gula.😂

    Sekarang belajar memasak bisa lewat YouTube, jadi tidak perlu ikut kursus masak lagi ya mbak.

    Alhamdulillah masakan ayam rica rica nya enak.😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk iya kesel aku baru tau perbedaannya setelah masakannya udah jadi hahaha. Iya betul karena ada youtube jadi dimudahkan memasaknya. Kalo jaman dulu mungkin dimudahkan dari buku resep masakan ya..

      Alhamdulillah enak, habis dan nikmat rasanya :D

      Hapus
  4. Anak rumahan kalau lg ditinggal sendiri dirumah gitu berasa banget ya mbak, harus apa2 sendiri hahaha, kalau aku pernah ngekos 7th an jadi ya udah biasa ngapain sendiri dan jauh dari orang tua HAHAHA.

    Aku termasuk yg B aja kalau urusan masak, skill ku sama sekali ga mumpuni, padahal suamiku gampang kalo urusan makan, tapi dia lebih jago masak, tapi dia malas masak hahahah, akhirnya tiap hari aku masaknya itu itu mulu, tumis2 sama goreng2 doang, pengen masak yg agak rumit dikit, yg beda gitu, tapi males belajarnya HAHAHA kalau udah males emang repot

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw, pas ortu Mb.Nana pulang pasti merea heran deh kalau Mb.Nana teryata jago masak juga hihi

      Hapus
    2. Iya betul mbak, ditinggal orang rumah jadi harus plan dari jauh hari buat bekal hidup selama tinggal sendiri dirumah wkwk. Plan persediaan makanan, uang, dll.

      Hahahah untunglah makan apa aja gak jadi masalah ya mbak. Ribetnya kalau perut pinginnya apa, tapi badan males masak jadinya malah harus keluar duit buat beli makan keluar.

      Wkwkwk betul mbak. Ibuku kaget pas aku fotoin masakan ayam rica-rica. Ibu kira aku beli keluar padahal ngulek dan goreng sendiri^^

      Hapus
  5. Wah, berarti harus sering-sering ditinggal di rumah sendirian nih agar Kak Nana jadi semakin rajin masak sendiri terus tahu-tahu udah jadi masterchef aja 😆
    Kak Nana keren lho~ awal-awal langsung masak ayam woku! 😍👏. Kalau ngomongin ayam woku, aku jadi inget menu masakan andalan Chef Juna di Dailybox wkwkwk. Ayo Kak Nana kalahkan ayam woku andalan Chef Juna wkwkwk *kok jadi berkompetisi*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha iya masterchef dapur rumah XD

      Karena saat dilihat dari tutorial youtube kepikiran 'kok kayaknya gampang buatnya?' cuma sedikit nguras tenaga pas ngulek aja dan milih bahan-bahannya yang cukup rumit lol.

      Wkwkwkw hands up duluan boleh gak kalo lawannya Chef Juna? Wkwkwk

      Hapus
  6. Wow 2 minggu mandiri mba Nana, tapiiii ini bekal loh buat rumah tangga nanti, ga mungkin kita delivery terus kan ya apalagi klo sakit, ibu2 tetep aja masak heheh semangat ya

    BalasHapus
  7. Wow. Berhasil masak ayam rica-rica. Aku belum pernah masak ayam rica-rica. Kalau aku dulu pernah mengira kalau kencur itu jahe. Tapi kalau sekarang sih aku udah bisa bedain mana jahe mana kencur.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
Fransisca Williana Nana
Lihat profil lengkapku

Followers

total human

Popular Posts